Kamis, 04 Juni 2009

Prinsip dasar melatih anjing

Sumber
www.google.com
www.anjingkita.com

1. Perintah
Perintah saat latihan sebaiknya tidak berulang-ulang karena akan menyebabkan anjing menjadi lamban dalam menjalankannya. Bahkan, anjing bi
sa saja tidak melakukan sesuatu bila diperintah. Perintah berulang-ulang juga akan membuat anjing menjadi terbiasa mendengar beberapa kali perintah, tidak cukup hanya dengan sekali perintah. Akibatnya, anjing akan selalu menunggu sebelum perintah kedua atau ketiga. Untuk menghindarinya, pada saat perintah kedua, anjing dibantu jika belum melaksanakan perintah pertama. Ucapkan kata-kata dengan baik, oleh karena itu pelatih harus menjadi orang yang bijaksana dengan selalu memberikan pujian pada anjing jika melaksanakan perintah.
-> REINFORCEMENT POSITIF, pemberian sesuatu yang menyenangkan supaya anjing terus mengulangi perbuatan yang dikehendaki oleh pelatihnya. Pelatih jangan membiasakan memberi perintah dengan suara keras karena anjing sangat peka pendengarannya. jika dibiasakan dengan suara keras, maka anjing tidak akan bisa membedakan perintah dengan marah.


2. Pujian
Pujian diberikan jika anjing berhasil melaksanakan tugas dengan baik. Pada masa pra latihan, cukup diberi bonus makanan kecil. Namun, pada latihan formal, hadiah tersebut tidak boleh diberikan karena akan menurunkan daya penciumannya. Anjing akan selalu berharap pelatih membawa makanan sehingga mempengaruhi prestasi kerjanya. Anjing hanya mau melaksanakan perintah karena mengharapkan makanan dan bukan karena anjing ingin memuaskan pelatih. Pujian dapat diberikan dengan sentuhan berupa usapan pada kepala atau menepuk dada disertai kata pujian "bagus". Ucapkan pujian dengan suara pelan dan lembut. Pemberian pujian harus sepenuh hati dan perasaan.Rasa senang pelatih harus keluar dari hati dan bukan hanya di bibir. Anjing mempunyai perasaan dan naluri yang tajam. Ia tahu kondisi pelatih merasa puas atau tidak. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka akan terbina komunikasi yang baik antara pelatih dan anjing sehingga muncul rasa cinta dan kasih sayang. Anjing pun akan memiliki keinginan untuk selalu memuaskan pelatihnya. Cara lain dengan mengajak bermain beberapa saat untuk melepaskan rasa jenuh dan stres saat latihan. Dengan mengajak bermain, dapat meningkatkan semangat anjing untuk mengikuti latihan-latihan berikutnya.


3. Peringatan dan hukuman
Pelatih harus membedakan peringatan dan hukuman. Peringatan diberikan bila anjing melakukan tindakan yang salah, tetapi belum tahu kalau perbuatannya adalah salah. Anjing melakukannya karena tindakan itu belum pernah diajarkan oleh pelatihnya. Peringatan dapat berupa kata "jangan" dengan nada peringatan. Hukuman diberikan kepada anjing jika anjing melakukan suatu kesalahan (perbuatan yang tidak dikehendaki oleh pelatihnya) yang sudah diajarkan atau diberitahukan sebelumnya. Hukuman diberikan dengan mengatakan "jelek" disertai nada suara membentak atau menghukum. Bila anjing mengenakan kalung dan terikat pada tali penuntun, hukuman yang bisa diberikan adalah menarik tali dengan gerakan cepat disertai kata-kata "jelek" bernada hukuman. Tarikan tali merupakan sentakan yang mengejutkan. Pada saat memberi hukuman, tarikan tali penuntun harus dihentakkan. Namun, jangan menarik tali terlalu keras karena dapat menyebabkan leher anjing terangkat ke atas dalam waktu lama. jika demikian, anjing akan tercekik dan dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pernapasannya. Cara lain menghukum anjing adalah dengan menyuruh duduk atau tiarap disertai perintah dengan nada hukuman. Dapat pula memegang tegkuknya lalu mengguncang-guncangkan ke kanan dan kiri beberapa saat hingga anjing seperti kehilangan keseimbangan. Hukuman cara ini untuk menunjukkan kesalahan anjing sekaligus menunjukkan keperkasaan pelatih. Anjing dihukum atau diberi peringatan akan mengira pelatih lebih kuat darinya dan secara naluri akan menganggapnya sebagai pemimpin. -> Hukuman merupakan pemberian sesuatu yang tidak menyenangkan supaya terjadi penurunan sampai penghilangan frekuensi perbuatan yang tidak dikehendaki. sehingga lama-lama anjing akan tahu kalau perbuatannya ini tidak disukai dan anjing akan berhenti melakukan perbuatan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar